Permudah Akses Pelayanan Dagulir, Biro Administrasi Perekonomian Gagas Penerapan SIP-De

0
687

Senin, 30 Mei 2016, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara resmi me-launching Sistem Informasi Pembiayaan Dana Bergulir e-Financing (SIP-De). Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Elmi Surabaya ini dihadiri oleh SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, Bank Pelaksana Program Dana Bergulir (Dagulir), PT. Jamkrida Jatim, serta calon debitur Dana Bergulir Provinsi Jawa Timur. Adapun tujuan utama digagasnya SIP-De ini adalah untuk mewujudkan pelayanan prima yang cepat, tepat, dan akuntabel bagi masyarakat calon debitur Dana Bergulir yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Slide1

Kegiatan launching ini juga bertujuan untuk menentukan strategi perencanaan pengembangan pembiayaan kepada UMKM Jawa Timur yang bermuara akhir pada peningkatan daya saing pelaku usaha melalui pendekatan teknologi. Program SIP-De yang baru digagas juga perlu mendapatkan beberapa penyempurnaan dan pengembangan sebelum pada akhirnya nanti menurut rencana akan dilakukan Grand Launching oleh Gubernur Jawa Timur. Rencana kegiatan Grand Launching yang akan dilaksanakan tentunya akan melibatkan dan mengundang para stakeholders dalam skala yang lebih besar lagi.

Slide2

Kebijakan penerapan SIP-De tersebut tidak serta merta meniadakan pengajuan kredit secara konvensional, namun mengarah pada perubahan pola pengajuan kredit sekaligus sebagai wahana pembelajaran bagi UMKM Jawa Timur untuk menerapkan fasilitas kredit Dana Bergulir berbasis internet. Dengan digagasnya inovasi ini juga diharapkan mampu mengaktualisasi salah satu pilar pembangunan ekonomi yaitu peningkatan pelayanan pembiayaan murah, mudah, dan cepat bagi UMKM Jawa Timur sebagai mata rantai utama sistem tata kelola pemerintahan menuju good governance yang transparan dan akuntabel.

(Tim PPID Biro Adm. Perekonomian)

Baca juga berita terkait :

http://surabaya.tribunnews.com/2016/04/20/e-financing-untuk-permudah-penyaluran-kredit-umkm-begini-penjelasan-pemprov-jatim

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY