Resmi dirilis, SIPDe Siap Jadi Solusi Pembiayaan UMKM Jawa Timur

0
289

Setelah sempat diadakan soft launching pada pertengahan tahun 2016 lalu, Sistem Informasi Pembiayaan Dana Bergulir e-Financing (SIPDe) secara resmi dirilis oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM., pada tanggal 23 Mei 2017 di Hotel Wyndham, Surabaya. Selain mengundang Bank pusat dan seluruh Pimpinan Cabang Bank Jatim dan Bank UMKM se-Jawa Timur, acara Grand Launching ini juga dihadiri oleh Dr. Ir. Jumadi, M.MT. (Kepala BPKAD Provinsi Jawa Timur) selaku penggagas sistem aplikasi berbasis internet yang memungkinkan para debitur Dana Bergulir dapat mengakses pembiayaan secara mudah, cepat dan terpercaya.

Sejak Tahun 2001 Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah menjalankan program Dana Bergulir (Dagulir) yang bertujuan untuk memfasilitasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) guna mendapatkan akses permodalan dengan suku bunga rendah. Inisiatif digagasnya SIPDe ini berawal dari permasalahan banyaknya debitur dan panjangnya alur birokrasi yang sering kali menjadi kendala dalam proses pengajuan dagulir sehingga membutuhkan waktu lama dan jauh dari kata efisien. Berdasarkan fakta itulah Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang dimotori oleh Biro Administrasi Perekonomian mengembangkan sistem ini mulai dari tahun 2016 lalu hingga akhirnya berlaku secara efektif sejak awal tahun 2017.

Dalam arahannya, Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur berpesan agar sistem ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mempermudah sistem pengajuan pembiayaan bagi UMKM di Jawa Timur.

“Tugas utama kita adalah membantu masyarakat, jadi tolong dengan terbangunnya sistem ini pelayanan terhadap kebutuhan modal usaha lebih mudah karena ketentuan dan persyaratan yang terkesan sulit sudah dipermudah,” ucap beliau dengan nada tegas.

Beliau juga berpesan pada seluruh peserta rapat yang sebagian besar adalah Bank Pelaksana Dagulir (Bank Jatim dan Bank UMKM) agar jangan hanya mementingkan profit yang didapatkan oleh bank, lebih dari itu, sebuah bank harus mampu memberikan dampak sosial postif bagi masyarakat yang membutuhkan.

Setelah adanya kegiatan Grand Launching ini, kini SIPDe sudah dapat diakses di seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dan dapat langsung digunakan oleh calon debitur untuk mengajukan kredit Dana Bergulir. Selain sistem pengajuannya menjadi semakin mudah, murah, cepat dan akuntabel, pengelolaan data dan laporan pada bagian internal juga akan menjadi lebih simpel dan bersifat real time.

Link Tutorial Video Menarik tentang SIPDe :

http://bit.ly/2rlTUgx

http://bit.ly/2rVV3ye

 

 (Tim PPID Biro Adm. Perekonomian)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY