Jumat, 29 Maret 2024

Persiapan menjelang dioperasikannya Kawasan Ekonomi Khusus Gresik dan Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari terus dilakukan

11-10-2022 02:39:18
Persiapan menjelang dioperasikannya Kawasan Ekonomi Khusus Gresik dan Kawasan Ekonomi Khusus Singhasari terus dilakukan. Diawali dengan Rapat Dewan Dewan Kawasan Kawasan Ekonomi Khusus (KSK) Provinsi Jawa Timur bersama Dewan Nasional KEK.

Wakil Gubernur Jatim @emildardak dan Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jatim @iwankdp95 sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutan Gubernur Jatim @khofifah.ip yang dibacakan Wakil Gubernur Jatim @emildardak mengatakan untuk mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional, diperlukan peningkatan penanaman modal melalui penyiapan kawasan khusus yang memiliki keunggulan ekonomi dan geostrategis. dipersiapkan untuk memaksimalkan kegiatan industri, ekspor, impor dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Dalam rangka mempercepat pembangunan perekonomian di wilayah Kabupaten Malang dan Gresik, Provinsi Jawa Timur, serta untuk menunjang percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Nasional, pemerintah telah mengesahkan kawasan ekonomi khusus Singhasari luas sebesar 120,3 ha dan mengembangkan sektor Pariwisata serta Teknologi, KEK Singhasari diproyeksikan menarik investasi sebesar Rp11,92 t dan diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 6.863 tenaga kerja hingga tahun 2030.

untuk percepatan penciptaan lapangan kerja dan pengembangan pada salah satu kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Gresik, dalam mendukung pengembangan ekonomi wilayah dan ekonomi nasional, pemerintah telah menetapkan sebagian wilayah Kabupaten Gresik untuk menjadi kawasan ekonomi khusus Gresik sebagai kek kedua di Provinsi Jawa Timur dengan luas 2.167 hektar dan mengembangkan kegiatan utama berupa industri Smelter Mikel dan Baja, Elektronik, Petrokimia serta Energi. KEK Gresik diharapkan mampu menyerap tenaga kerja sebesar 199.818 orang dengan target investasi sebesar Rp 237,86 triliun tahun 2030.

“Melalui kegiatan hari ini, besar harapan kami agar kek di Jawa Timur dapat segera beroperasi di Tahun 2022 sehingga mampu menyerap tenaga kerja, mendorong pembangunan daerah, meningkatkan pendapatan nasional dan daerah, memacu sektor pariwisata dan teknologi semakin berkembang, se
Jumlah Pengunjung: 182