Renstra 2014-2019

RENCANA STRATEGIS BIRO ADMINISTRASI PEREKONOMIAN TAHUN 2014-2019

Rencana Strategis kebijakan pembangunan ekonomi Jawa Timur yang berfokus pada Pembangunan berkelanjutan berpusat pada rakyat, inklusif dan partisipatoris, Pro-Poor Growth serta Pengarusutamaan Gender sehingga Jawa Timur “makin mandiri dan sejahtera bersama wong cilik”pada Tahun 2014-2019, merupakan acuan utama bagi Biro Administrasi Perekonomian untuk melaksanakan program pembangunan di sektor perekonomian selama 2014- 2019 dalam mendukung pembangunan daya saing ekonomi bangsa serta global.

Penyusunan rencana strategis Biro Administrasi Perekonomian senantiasa berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, berpegangan kepada RPJMD 2014- 2019, dan secara aktif melakukan analisis terhadap kekuatan dan potensi yang dimiliki serta tantangan dan permasalahan yang dihadapi, sehingga dapat dihasilkan sebuah rencana strategis yang komprehensif, optimis tetapi dapat diimplementasikan, dan berkesinambungan dengan RPJMD Provinsi Jawa Timur Tahun 2014-2019.

Pembangunan ekonomi di Jawa Timur periode 2014-2019 difokuskan untuk mencapai misi “ Makin Mandiri dan Sejahtera Bersama Wong Cilik”. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan : Pertumbuhan Ekonomi, Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), Pengurangan Kemiskinan, Peningkatan IPM, Penurunan Disparitas dan Penurunan BOD/COD,Tingkat kekritisan lahan, Luas tutupan hutan.

Upaya pencapaian misi pembangunan perekonomian ini akan diimplementasikan oleh Biro Administrasi Perekonomian melalui tiga program dan 27 kegiatan pembangunan yang di bentuk berdasarkan pemenuhan kesenjangan (GAP) antara potensi daerah dan isu strategi yang berkembang sesuai tupoksi organisasi dalam rangka menggerakkan pembangunan ekonomi Jawa Timur.

Rencana Strategis 2014-2019 ini tidak mungkin dapat tercapai tanpa dukungan seluruh pemangku kepentingan yang terkait , oleh karena itu Biro Administrasi Perekonomian akan melakukan koordinasi, Sinkronisasi dan Evaluasi secara aktif dengan seluruh pihak terkait sehingga pembangunan perekonomian Jawa Timur 2014-2019 dapat dilaksanakan dengan optimal.

Akhir kata, semoga rencana strategis Biro Administrasi Perekonomian tahun2014-2019 dapat berguna bagi kita semua terlebih visi “Jawa Timur Lebih Sejahtera, Berkeadilan Mandiri, Berdaya Saing dan Berakhlak” bagi kesejahteraan seluruh rakyat Jawa Timur.

Baca Selengkapnya…