Sabtu, 4 Mei 2024

Kepedulian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terhadap pengelolaan lingkungan dan hutan mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

21-07-2022 01:40:01
Kepedulian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terhadap pengelolaan lingkungan dan hutan mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Apresiasi tersebut diberikan KLHK dalam bentuk penghargaan Nirwasita Tantra 2021.

Gubernur Khofifah meraih penghargaan Nirwasita Tantra kategori kepala daerah peringkat ketiga dalam pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutananan Daerah Tahun 2021. Tak hanya itu, Provinsi Jatim juga mendapat piagam penghargaan terbaik II kriteria pemerintahan daerah kategori provinsi.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov. Jatim Ardo Sahak mewakili Gubernur Khofifah di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wana Bakti Jakarta, Rabu (20/7).

Terkait penghargaan tersebut, Gubernur Khofifah menyampaikan terima kasih atas sinergitas kepada seluruh elemen strategis masyarakat yang turut menjaga lingkungan hidup di Jatim.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen strategis yang membantu dan bersinergi mewujudkan program Pemprov Jatim dalam menjaga lingkungan hidup dan hutan. Semoga penghargaan ini, menjadi pemacu seluruh masyarakat untuk terus menjaga dan mencintai lingkungan dan hutan dengan melakukan aksi sederhana yang bisa kita lakukan,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (21/7) pagi.

Disampaikan Khofifah, Jatim terus melakukan inovasi dalam pengelolaan lingkungan hidup dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Selama 10 tahun lebih, Jatim terus memacu peningkatan kemampuan kapasitas daya dukung lingkungan menjadi lebih baik.

“Peningkatan kapasitas dan daya dukung lingkungan ini dilakukan melalui berbagai cara, yakni menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota, dunia usaha, perguruan tinggi, masyarakat, LSM, serta kerjasama dengan elemen di dalam maupun luar negeri,” tuturnya.

Melalui penghargaan ini, Khofifah berharap masyarakat semakin mencintai dan menjaga lingkungan. Caranya, melakukan tindakan atau aksi nyata dari hal-hal sederhana yang bisa dilakukan.

“Misalnya dengan menanam pohon, membersihkan sampah, tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan mengurangi pemakaian kantong plastik,” ungkapnya.
Jumlah Pengunjung: 103