Jumat, 26 April 2024

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali memimpin East Java Trade Mission and Invesment (Misi Dagang dan Investasi Jawa Timur) ke luar negeri

21-12-2022 07:28:47
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali memimpin East Java Trade Mission and Invesment (Misi Dagang dan Investasi Jawa Timur) ke luar negeri. Setelah sukses di Saudi Arabia pada akhir November lalu, kini Gubernur Khofifah kembali menggelar rangkaian program serupa di Kuala Lumpur, Malaysia.

Misi dagang yang digelar di Hotel Pullman, Kuala Lumpur pada pada Senin (19/12) ini merupakan upaya untuk memperluas pasar industri sekaligus mendorong pertumbuhan sektor perdagangan Jatim. Transaksi penjualan mulai pukul 10.00 hingga 18.00 waktu setempat, menunjukkan hasil yang signifikan. Komitmen transaksi yang berhasil dicatatkan mencapai Rp 48,68 miliar dari tiga belas transaksi produk UMKM. Misi dagang akan dilanjutkan sampai tanggal 21 Desember 2021 diikuti market visit dan kunjungan bisnis lainnya.

"Kami berharap setelah Misi Dagang ini bisa terus berkolaborasi dan menjajaki berbagai komoditas unggulan dari Jatim dan Malaysia khususnya Kuala Lumpur," kata Khofifah.

Transaksi tersebut berasal dari sejumlah komoditi utama seperti rempah-rempah, garmen, kopi, kerupuk, sambel olahan, popcorn, mie kering dan multiproduk. Permintaan yang cukup banyak salah satunya yakni Batik Gedog Tuban .

Gubernur Khofifah menegaskan, Misi Dagang di Malaysia memiliki nilai yang sangat strategis. Salah satunya yakni nilai ekspor non migas Jatim ke negeri Jiran yang mencapai 1.599,43 Juta Dollar AS. Angka tersebut naik 25,40 persen dibanding periode sama sebelumnya.

Sementara itu kontribusi PDRB Jatim untuk nasional mencapai 14,36 persen. Sedangkan pertumbuhan ekonomi non migas hingga triwulan ketiga mencapai 6,13 persen. Khofifah mengatakan bahwa sektor industri, perdagangan dan pertanian Jatim turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Khofifah menyampaikan apresiasinya terhadap antusiasme peserta Misi Dagang kali ini. Tercatat ada 100 pengusaha yang menghadiri kegiatan Misi Dagang. Sebanyak 62 diantaranya merupakan pebisnis Malaysia.

Khofifah mengatakan, upaya untuk mendorong perdagangan luar negeri akan senantiasa digencarkan.
Jumlah Pengunjung: 269