Jumat, 17 Mei 2024

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membuka Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Koordinator Wilayah Jawa Timur Tahun 2023 di Hotel Shangri-La Surabaya pada Rabu (21/6) malam

22-06-2023 12:31:27
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak membuka Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Koordinator Wilayah Jawa Timur Tahun 2023 di Hotel Shangri-La Surabaya pada Rabu (21/6) malam.

Dalam sambutannya, Wagub Emil mengajak APKASI untuk selalu memberikan penguatan pada sektor dan sub-sektor ekonomi kreatif di tiap daerahnya.

“Kita punya kapabilitas untuk itu. Ekonomi kreatif begitu besar imbasnya karena timbal balik,
_enrichment_ dan _enforcement_ dari sektor ini kembali bukan hanya pada kreator tapi juga
konsumennya,” ungkap Emil dalam pembukaan rakor bertema Tantangan Dan Usaha Pemulinan Ekonomi Daerah Melalui Program Pembangunan Ekonomi Kreatif ini.

Emil mengatakan, ada 17 sub-sektor Ekraf mulai dari publishing hingga kuliner. Seperti Aplikasi,
Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion, Film, Animasi, Video, Fotografi, Kuliner, Musik, Penerbitan, Game Development, Periklanan, Seni Pertunjukan, Televisi dan Radio, dan Kriya. Di Jatim sendiri, 3 sub-sektor yang paling besar adalah musik (21,42%), kuliner (19,02%), dan seni pertunjukan (10,31%).

“Ekraf ini subsektornya ada 17. Tapi yang terbesar di Jatim ada tiga. Yang pertama musik, kedua kuliner, lalu rupanya seni pertunjukan juga cukup besar di Jatim," kata Emil yang juga Mantan Wakil Ketua Umum APKASI.

Menurutnya, terdapat _Roadmap_ yang telah disusun oleh Pemprov Jatim sebagai bentuk dukungan kepada ekonomi kreatif. Yaitu pengembangan, penguatan industri, penguatan pasar, dan pemeliharaan.

“Bersama Gubernur Khofifah, kami di Pemprov Jatim ini senantiasa menjalankan _roadmap_ untuk keberlangsungan ekraf. Yang pertama _delevopment_ atau pengembangan subsektor industri kreatif, lalu _reinforcement_ atau penguatan di bidang industri tersebut seperti melalui berbagai pelatihan dan wadah,” katanya.
#ekonomijatim#ekonomikreatif#ekonomijawatimur#ekonomijatimaju
Jumlah Pengunjung: 464